Singgung Sidang Jessica, Hakim Tegur Pengacara Ahok


Singgung Sidang Jessica, Hakim Tegur Pengacara Ahok

Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi menegur tim pengacara terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di tengah persidangan kasus dugaan penistaan agama hari ini, Selasa (7/3/2017).


Teguran itu disampaikan karena pengacara Ahok membandingkan sidang dugaan penistaan agama ini dengan sidang kasus Kopi Sianida dengan yang menyeret Jessica Kumala Wongso.

Adapun hal yang dipermasalahkan yaitu dalam sidang Ahok ini, hakim tidak mengizinkan ada saksi yang akan memberikan keterangan dan pernah mendengarkan keterangan saksi lain.

Hal itu terjadi pada kakak angkat Ahok, Analta Amier yang hari ini akan bersaksi. Dari pengakuannya, Analta mengaku sudah pernah menghadiri keterangan tiga saksi lain di persidangan sebelumnya.

Mendapati hal itu, jaksa keberatan. Karena dinilai akan cacat hukum lantaran saksi mempunyai hubungan dengan terdakwa.

Tim pengacara Ahok pun membandingkan dengan kasus Jessica yang disiarkan secara langsung. Semua orang termasuk saksi yang akan memberikan keterangan, tetap bisa dihadirkan meskipun sudah melihat tayangan Jessica ditelevisi.

Hakim Dwiarso pun langsung menegur pengacara Ahok karena membandingkan sidang yang dipimpinnya dengan sidang Jessica.

"Saudara kurang tepat mengaitkan kasus Jessica dengan kasus ini. Jessica boleh live, disini tidak. Disini majelis punya (kebijakan sendiri)," tegas Dwiarso kepada pengacara Ahok.

Setelah perundingan yang cukup lama, Dwiarso pun menanyakan kepada Analta apakah benar dirinya pernah hadir dipersidangan Ahok sebelumnya.

Analta pun mengakui memang pernah hadir dan ikut mendengarkan tiga keterangan saksi saat persidangan sebelumnya. Akhirnya, hakim tak mengizinkan Analta bersaksi.

"Menurut majelis karena saksi ini sudah mendegarkan keterangan saksi lain, saksi ini tidak dapat diperiksa," kata Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi di persidangan, Selasa (7/3/2017).

Sejurus kemudian, sidang kembali dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi selanjutnya, atas nama Bambang Waluyo. [www.tribunislam.com]

Sumber : inilah.com

Sebarkan...