Setelah Viral di Medsos, Pangdam Siliwangi Minta Patung “Macan Lucu” Dibongkar


Setelah Viral di Medsos, Pangdam Siliwangi Minta Patung “Macan Lucu” Dibongkar

Sejak menjadi viral di media sosial patung Harimau yang dianggap lucu oleh netizen akhirnya dibongkar oleh Komando Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu yang berada dibawah naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut.


Perintah pencopotan patung macan yang terlihat menyeringai dan terlihat kurang gagah tersebut langsung dari Panglima Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayjen M Herindra.

Seperti dilansir dari detik.com,  “Iya, saya suruh bikin yang lebih bagus,” ujar  saat dikonfirmasi, Senin (13/3/).

Patung macan loreng yang berada di Koramil Cisewu tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan patung macan lainnya. Di bagian kepala patung macan ini, terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu dan beberapa membuatnya menjadi meme.

“Senimannya kurang canggih,” kata Herindra.

Macan sendiri merupakan simbol dari Kodam Siliwangi. Banyak di satuan yang masuk jajaran Kodam Siliwangi memasang patung macan sebagai bentuk kebanggaan.

Meski begitu, simbol seharusnya tidak boleh dipasang di atas papan nama markas sebab itu menyalahi aturan administrasi TNI AD. Herindra pun sudah meminta kepada seluruh jajaran di Kodam Siliwangi untuk meletakkan simbol di tempat lain, bukan di bagian papan nama.

“Harusnya di lokasi lain. Sudah (memerintahkan semua jajaran Kodam Siliwangi). Harus sesuai aturan yang berlaku di TNI AD,” tegas mantan Danjen Kopassus tersebut.

Sebelumnya diberitakan, patung macan humanis tersebut langsung dicopot begitu menjadi viral di media sosial. Danramil Cisewu Kapten Inf Nandang Sucahya membenarkan patung dicopot atas perintah atasan.

“Patung itu dibangun sekitar enam tahunan yang lalu. Sesuai perintah, sudah kita bongkar, patungnya akan kita ganti dalam waktu dekat ini,” ungkap Danramil Cisewu, Kapten Inf. Nandang Sucahya, kepada , Senin (13/3).

Danramil juga menjelaskan, pihaknya mempertanyakan maksud dan tujuan akun bernama Kementrian Humor Indonesia, yang mengunggah foto macan tersebut, pada tanggal 12 Maret 2017.

“Sudah kami coba konfirmasi ke pemilik akun itu, apa maksud dan tujuannya mengunggah foto tersebut, tapi sudah di-blokir,” kata dia. (apt-det)[www.tribunislam.com]

Sumber : kabarin.co

Sebarkan...