Serangan Udara AS Hantam Sekolah di Suriah, 33 Sipil Tewas


Serangan Udara AS Hantam Sekolah di Suriah, 33 Sipil Tewas

Sedikitnya 33 warga sipil tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat yang menghantam sekolah yang dijadikan sebagai tempat berlindung pengungsi di Suriah, kata kelompok monitor yang bermarkas di Inggris, hari ini.


Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, serangan di kota Mansoura, provinsi Raqqa, "terjadi pada Selasa dini hari".

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa 33 orang tewas, dan mereka adalah pengungsi sipil dari Raqqa, Aleppo, dan Homs," kata ketua Observatorium Suriah, Rami Abdel Rahman, dikutip dari AFP.

Beberapa hari sebelumnya, jet tempur AS membombardir masjid di Jeeneh, dekat provinsi Idlib, saat masyarakat lokal menghadiri tabligh akbar yang rutin diadakan setiap pekan pada Kamis, menurut wartawan On the Ground News yang melaporkan langsung pertempuran dari Suriah, Bilal Abdul Kareem. Lima puluh enam warga sipil tewas dalam serangan tersebut.

Kareem juga membantah klaim pejabat militer AS yang mengatakan bahwa mereka tidak menyerang tempat ibadah yang diakui hanya berjarak 50 meter dari target serangan dengan menunjukkan reruntuhan masjid dalam sebuah video yang diunggah ke Facebook. Pejabat militer AS bahkan mengklaim memiliki bukti foto bahwa masjid tersebut masih berdiri tegak dalam wawancara dengan NBC News.

Pentagon mulai melakukan penyelidikan formal atas serangan tersebut. Penilaian militer AS tetap tidak berubah, dan penyelidikan ini hanya dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi, CNN melaporkan.[www.tribunislam.com]

Sumber : rimanews.com

Sebarkan...