Jokowi Bertanya “Seperti Apa Indonesia Maju?”, Ini Jawaban “Netizen”


Jokowi Bertanya “Seperti Apa Indonesia Maju?”, Ini Jawaban “Netizen”

Kuis #SepedaJokowi yang digelar di akun Facebook resmi @Presiden Joko Widodo ramai peminat. Sejak kuis dibuka 19 Maret 2017 hingga Kamis, 23 Maret 2017 ini atau sehari menjelang ditutup, unggahan Jokowi tersebut mendapat reaksi Facebookers sebanyak 81.806 emoticon.


Unggahan kuis berhadiah 10 sepeda itu pun telah dibagikan sebanyak 14.393 kali dengan 119.329 komentar. Unggahan tersebut boleh dibilang adalah yang paling banyak direspons dibandingkan unggahan Presiden Jokowi sebelumnya.

Jawaban netizen atas pertanyaan yang diajukan Jokowi juga sangat beragam. Ada yang menjawab dengan serius, ada yang nyeleneh, bahkan ada pula yang menjawab tidak sesuai dengan pertanyaan.

Misalnya akun bernama @Dhemar Raja Laksmawan, dia tidak menjawab pertanyaan Jokowi "seperti apakah negara Indonesia yang maju menurut kamu?"

Ia malah menulis, "kok cuma 10 sepeda?? Warga Indonesia kan berjuta-juta jumlahnya".

Akun bernama @Sensens Rendra lain lagi. Entah serius atau tidak, ia menjawab, "Negara indonesia yang maju ialah presidenya bpk jokowi wakilnya bpk Ahok...Fadli Zon dan golongannya hengkang dari bumi pertiwi.."


Sementara itu, bagi akun bernama @Enggar Sasmita, unggahan kuis itu malah dijadikan ajang curhat kepada Presiden.

"pak setelah semua dibangun dan ditata, mbok nitip aspirasi buat menciptakan iklim jual beli yang kondusif dan positif agar perekonomian berjalan selaras gag ada demo2an serta rakyat tersenyum gembira, mbuh piye carane kudu ketemu formulanya. antara pusat2 permukiman dan pusat jual beli didekatkan ditata dirapiken, dll dll dll dll", tulis dia.

Ketiga akun itu jelas tidak akan masuk ke dalam penilaian tim juri. Sebab, keduanya tidak menuliskan hashtag #SepedaJokowi dalam jawabannya.

Akun @Heryunanto Pradono menjawab kuis Jokowi dengan cukup nyeleneh. Bagi dia, tolak ukur Indonesia maju adalah jika tukang becak bisa makan di restoran cepat saji.

"Negara di mana tukang becak dan keluarganya bisa makan di restoran pizza cepat saji 1 bulan sekali tanpa merasa itu adalah makanan yg mewah #SepedaJokowi".

Meski demikian, banyak pula jawaban-jawaban netizen yang bagus dan cenderung serius. Akun bernama @Sisca Mediyanti misalnya.

Ia menulis, "Indonesia maju apabila rakyatnya cerdas dan bersatu, dan bisa mengalahkan perekonomian cina #SepedaJokowi".

Akun bernama @Ahmad Rizal juga serupa. Ia menjawab, "Maju itu tanpa koruptor, tegakkan nilai nilai Islam di tengah masyarakat Indonesia maka Indoensia tidak hanya maju tapi berkah. Insya Allah #SepedaJokowi".

Akun @Ana Fatmawati menyoroti hal yang berbeda. Ia menjawab, "Indonesia yng anti korupsi...indonesua yg mandiri, bisa mengimbangi negara2 lain, berprestasi di bidang olahraga, pendidikan, seni budaya, maka indonesia akan maju #SepedaJokowi".

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, begitu kuis ditutup, Jumat besok, tim akan menyortir jawaban netizen berdasarkan ketentuan syarat. Jawaban yang tidak memenuhi syarat, otomatis tereliminasi.

Sebaliknya, jawaban yang memenughi syarat, akan masuk ke tahap kedua, yakni penyortiran berdasarkan isi jawaban. Tim akan memilih jawaban terbaik.

Setelah itu, Presiden Jokowi sendiri yang akan memilih siapa 10 netizen beruntung yang mendapatkan sepeda.

"Nanti dipilih beberapa jawaban terbaik oleh tim, nah yang menentukan siapa yang berhak mendapatkan sepeda, itu Pak Presiden sendiri," ujar Bey, Kamis pagi.

Sebanyak 10 sepeda berkualitas bagus sebagai hadiah sudah terparkir di Sekretariat Presiden menunggu diambil oleh sang pemenang.[www.tribunislam.com]

Sumber : kompas.com

Sebarkan...