Amankan Kebijakan Rasis, Trump Pecat Puluhan Jaksa Federal Amerika Serikat


Amankan Kebijakan Rasis, Trump Pecat Puluhan Jaksa Federal Amerika Serikat

Kalah dalam banding Pengadilan Federal pada awal bulan Februari lalu, Presiden Donald Trump dikabarkan memaksa puluhan jaksa federal untuk mengundurkan diri. Desakan ini diambil untuk mengamankan perintak eksekutif jilid II yang dikeluarkan pada 6 Maret kemarin.


Langkah bersih-bersih ini diambil Trump pada 10 Maret pekan kemarin dalam surat yang ditujukan kepada Departemen Kehakiman Amerika Serikat terhadap 46 jaksa federal yang diangkat semasa era Presiden Barack Obama.

“Memang benar bahwa Menteri Kehakiman Jeff Sessions telah meminta 46 jaksa federal yang ditunjuk Obama untuk mengundurkan diri. Permintaan ini diambil dalam rangka memastikan kelancaran transisi pemerintahan,” ujar juru bicara Departemen Kehakiman AS.

Jubir tersebut menerangkan bahwa permintaan ini mirip dengan permintaan sebelumnya terkait perubahan struktur administrasi di Gedung Putih.

Perlu diketahui bahwa dalam tradisi pemerintahan Amerika, Presiden baru biasanya akan meminta pejabat-pejabat federal di bawah pemerintahan lama untuk mengundurkan diri dan menggantikannya dengan mereka yang setia.[www.tribunislam.com]

Sumber : eramuslim.com

Sebarkan...