Media Pro Ahok Ketahuan Bikin Berita HOAX, Akankah Ditindak Tegas Oleh Bapak Jokowi ?


Media Pro Ahok Ketahuan Bikin Berita HOAX, Akankah Ditindak Tegas Oleh Bapak Jokowi ?

Media online SpiritNKRI.com pada sebuah postingannya tanggal 28 Desember kemarin memuat sebuah berita berjudul: 125 Advokat ini Siap Backup PMKRI Hadapi Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.



Berikut ini kami kutipkan sedikit cuplikan berita yang mereka buat:

Usai melaporkan Imam Besar Habib Rizieq Sihab atas dugaan penistaan agama ke Kepolisian Daerah Metro Jaya, Senin, (26/12/2016), Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) Angelo Wake Kako mendapat sambutan positif dari sejumlah advokat tanah air.

Langkah Organisasi Kemahasiswaan bersemboyan "Pro Ecclesia et Patria" ini dinilai sangat berani melawan perbuatan diskriminasi dan penghasutan serta penistaan agama lain.

Setidaknya ada 125 Advokat sudah menyatakan dukungan dan siap berada dibelakang PP PMKRI. Selasa malam, (27/12/16) para advokat ini mengadakan pertemuan disebuah rumah makan di sekitar Menteng telah membentuk sebuah tim advokasi. Mereka menunjuk pengacara senior, Petrus Selestinus sebagai Koordinator Tim Kuasa Hukum PMKRI.

Berikut tampilan screenshoot web mereka yang memuat berita ini: (Link: http://www.spiritnkri.com/2016/12/125-Advokat-ini-Siap-Backup-PMKRI-Hadapi-Imam-Besar-FPI-Habib-Rizieq-Shihab.html)

Ternyata HOAX atau Berita Bohong

Tahukah Anda, bahwa ternyat berita yang dimuat media online SpiritNKRI.com diatas adalah HOAX atau berita bohong? Mari kita telusuri bersama-sama.

Perhatikan gambat screenshoot di bawah ini: (Link: http://nasional.kompas.com/read/2015/06/29/14035361/TPDI.Yakin.Berkas.Sutiyoso.sebagai.Tersangka.27.Juli.1996.Nyangkut.di.Bareskrim)



Perhatikan dengan seksama berita dari Kompas.com yang dimuat pada 29 Juni 2015 itu. Foto yang terpampang sama dengan yang dimuat di situs MediaNKRI.com. Sejatinya, foto itu memuat berita tentang Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus (kiri) dan sejumlah korban kerusuhan 27 Juli 1996 mendatangi Bareskrim Polri, Senin (29/6/2015), untuk menanyakan berkas Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai tersangka.

Nah, dari sinilah berita HOAX itu bermula. Nama Petrus Selestinus yang merupakan Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) dicatut oleh MediaNKRI.com dan dijadikan sebagai Koordinator Tim Kuasa Hukum PMKRI. :D

Menagih Janji Jokowi Tindak Tegas Penyebar Berita Hoax

 Jokowi, baru-baru ini dengan lantang menyatakan perang terhadap media-media yang menyebarkan berita bohong atau HOAX. Nah, inilah saatnya untuk bertindak. Jangan tunda lagi...

Eit... Media Pro Ahok Ini Ketahuan Sebarkan Hoax (Berita Bohong). Akankah Ditindak Tegas oleh Jokowi???

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas memerintahkan para pembantunya itu agar lebih cepat merespons berita bohong atau hoax. "Presiden menyampaikan akan lebih tegas merespons isu di media sosial," ucapnya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2016.

 Pemerintah menilai persoalan berita bohong sebagai hal yang meresahkan lantaran banyak tersebar. Salah satu contohnya, isu 10 juta tenaga kerja asing asal Cina yang masuk ke Indonesia. Nantinya, kata Rudiantara, langkah nyata yang bisa dilakukan adalah melakukan penyaringan informasi menjadi lebih cepat dan tegas lagi. "Dari sisi penegakan hukum memang sudah tegak," kata dia.

Ia menambahkan dari aspek hukum upaya penegakan bisa dilakukan lewat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Selain itu, aparat juga bisa menjerat lewat Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Demikian tulis media Tempo.co hari ini (29/12).

Media Pembuat Berita Hoax Lainnya

Dari hasil investigasi kami, ternyata ada beberapa media online yang juga membuat berita HOAX yang sama. Mereka antara lain:


  1. Berita-Dunia99.com - http://www.berita-dunia99.com/2016/12/menghebohkan-125-advokat-ini-siap.html
  2. Akurat.id - http://www.akurat.id/2016/12/125-advokat-ini-siap-dukung-pmkri-untuk.html
  3. Gentanusa.com - http://www.gentanusa.com/2016/12/wow-125-advokat-ini-siap-backup-pmkri.html
  4. The-Indopost.com - http://www.the-indopost.com/2016/12/125-advokat-ini-siap-backup-pmkri-lawan.html
  5. KompasNKRI.com - http://www.kompasnkri.com/2016/12/125-advokat-ini-siap-backup-pmkri.html[www.tribunislam.com]


Sumber : faktamedia.net

Sebarkan...